Disiplin Hidup Bersih Kunci Pencegahan Penyebaran Covid-19

Dalam rapat koordinasi pencegahan penyebaran Covid-19 Kelurahan Semaki, drg. Sri Kussutiastuti selaku Kepala Puskemas Umbulharjo 2 mengingatkan masyarakat untuk selalu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.  Karena dengan perilaku hidup besih dan sehat dapat mencegah penularan Cocid-19.

Sri mengingatkan bahwa Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-COV-2 merupakan penyakit yang sudah menjadi pandemi, artinya persebaran penyakit ini sudah hampir merata di seluruh dunia. Untuk mencegah penyebaran yang semakin luas maka dibutuhkan kedisiplinan untuk selalu hidup bersih dan sehat.

Selain itu Srijuga menyampaikan kepada warga untuk sementara waktu tidak berkunjung ke wilayah yang menjadi episentrum penyebaran covid-19 ataupun menerima tamu dari wilayah tersebut. Karena ketika berkunjung atau menerima tamu dari wialyah episentrum penyebaran Covid, dapat meningkatkan faktor resiko daam penyebaran Covid-19.

Terakhir juga menambah tentang klasifikasi pada penanganan Covid-19, dimulai dari Orang Dalam Pengawasan (ODP) yaitu seseorang yang baru pulang dari wilayah episentrum penyebaran Covid-10, kemudian ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yaitu seseorang yang memiliki gejala Pneumonia dan pernah berinteraksi dengan pasien positif Covid-19, dan terakhir adalah pasien postifi Covid-19 yang telah melakukan uji Swab dan Rapid test.