TRIK MUDAH MENANGKAP JENTIK NYAMUK DIRUMAH

Rabu 22 Juni 2022 bertempat di Ruang Rapat Kelurahan Semaki dan dihadiri oleh Ibu Arini Susetyowati selaku Lurah Semaki, perwakilan dari Puskesmas Umbulharjo II dan warga masyarakat Kelurahan Semaki. Acara Jumantik ini dibuka oleh Ibu Arini Susetyowati (Lurah Semaki) dengan memberikan sambutan secara singkat. Sebelum acara dimulai, menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan dan semangat nasionalisme. 

Mbak Dinda Setya Putri (Perwakilan dari Puskesmas Umbulharjo II) menyampaikan materi bagaimana cara menurunkan nyamuk dan menangkap jentik nyamuk. Menangkap jentik nyamuk bisa dilakukan dengan mudah dan dapat dilakukan dirumah. Dengan cara menyiapkan wadah (ember warna putih/terang) dan saringan teh. Kedua bahan dan alat ini sangat mudah ditemukan/dicari sehingga dapat dilakukan/dikerjakan dirumah atau dimana pun. Caranya wadah diisi air secukupnya kemudian diletakan didaerah yang banyak nyamuk atau diletakan ditempat yang lembab. Setelah itu diamkan selama 1 minggu dan dilihat hasilnya akan terdapat jentik-jentik nyamuk. Jika jentik nyamuk sudah banyak lalu siapkan saringan teh untuk menyaring jentik-jentik nyamuk. Jentik nyamuk bisa dibuang ketempat yang panas atau diberikan ikan. Air bekas yang disimpan selama seminggu jangan dibuang tetapi dipakai lagi dan disimpan/diletakan lagi ketempat yang lembab/banyak nyamuk. 

Begitulah trik singkat menangkap jentik nyamuk yang diajarkan dari Puskesmas. Semoga bermanfaat dan dapat dilakukan dirumah masing-masing. Selamat mencoba !!